Haflah Akhirussanah KMI ASSALAM Bangilan 2019



KMIASSALAM.SCH.ID - Haflah akhirussanah sedianya adalah acara akhir tahun untuk siswa siswi yang telah menyelesaikan program study yang ditempuh selama 3 tahun. Istilah ini sering digunakan oleh sekolah atau instansi pendidikan yang berbasis islam.
Perpisahan siswa akhir pondok pesantren ASALAM BANGILAN TUBAN INDONESIA
Haflah akhirusaanah sendiri memiliki arti acara akhir tahun. Dimana dalam acara ini sekolah mengadakan pesta syukuran atas kelulusan siswanya dalam menempuh pembelajaran. Namun tidak sedikit sekolah atau pondok pesantren yang memanfaatkan momen ini sebagai ajang promosi kepada penonton atas keberhasilan sekolah dalam mendidik siswanya dan laporan kepada wali murid atas kinerja sekolah atau yayasan dalam mengajar dan mendidik anak-anak mereka. Pun demikian dengan pondok pesantren ASSALAM.

Sejak puluhan tahun yang lalu khaflah akhirussanah sudah menjadi ajang unjuk kreasi dan kesenian para santri untuk ditunjukkan kepada para audiens. Berbagai macam pertunjukan dipertontonkan, mulai dari menyanyi, atletik, dance, silat, pramuka, sampai kesenian daerah seperti reog, jaranan, dan masih banyak lagi.

Sebagai yayasan yang bergerak dalam pendidikan, KMI ASSALAM tidak hanya mengajarkan santrinya untuk belajar ilmu agama, bahasa arab, bahasa Inggris, dan pelajaran-pelajaran lainnya. Namun juga membekali santrinya dengan kedisiplinan dalam keseharian yang diatur dan berjalan secara sistematis melalui organisasi santrinya OSPA (Organisasi Santri Ponpes ASSALAM).

Berkat didikan pendiri sekaligus direktur pertama KH.Abd. Moehaimin Taman (alm) para alumni sudah berhasil membuktikan apa yang didapatkan selama di pondok. Terbukti sebagian besar dari mereka sudah berhasil mengisi posisi-posisi penting baik pendidikan, pemerintahan, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

Dan tahun ini, khaflah akhirussanah 524 Glorious Generation dengan harapan para lulusan bisa menjadi generan yang gemilang, yang membanggakan, baik untuk diri sendiri, orang tua, almamater, dan tentunya masyarakat dimana dia tinggal.

Khaflah akhirussanah tahun 2019 ini sendiri mendatangkan pembicara kondang KH. Budi Harjono dari Semarang. Memang dalam perhelatannya HAS selalu didatangi oleh tokoh-tokoh penting negeri ini. Seperti, menteri, gubernur, bupati, camat, perwakilan pimpinan dari Pondok Modern Darussalam Gontor dan perkumpulan para alumni yang disapa IKPA (Ikatan Keluarga Pondok Pesantren ASSALAM).

HAS 2019 ini akan dihelat pada hari Rabu tanggal 1 Mei 2019. Acara akan dimulai pada pukul 18.30 WIB sampai selesai. Selain mauidzoh hasan, acara akan diramaikan dengan expose bahasa Arab dan bahasa Inggris, kolaborasi seni santri, hafalan qur'an, hafalan kitab kuning, dan tidak ketinggalan tari sufi.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak datang, tidak ada alasan untuk datang telat, melihat padatnya acara dan animo masyarakat yang begitu besar.

Semoga apa yang saya sampaikan ini mampu mewakili panitia dan memacu semangat pembaca untuk turut serta memenuhsesakkan halaman pondok pesantren ASSALAM 1 (pondok putri) yang ada di Jl. Raya Bangilan No. 01 Kecamatan Bangilan Kabupaten Tuban.

> Web: www.kmiassalam.sch.id
> Email: kmiassalam@gmail.com
> Facebook: @kmiassalambangilan
> Instagram: @kmiassalam

No comments:

Post a Comment