AMALIYAH TADRIS KMI ASSALAM


              


Bangilan – ditengah merabaknya wabah coronavirus desease 19 (covid 19), kegiatan-kegiataan  dipondok ASSALAM tetap berjalan, salah satunya yaitu kegiatan amaliyah tadris atau teaching practice ( praktek mengajar) yang merupaka rangkaian kegiataan akhir santri KMI.



 Menjadi guru ideal adalah salah satu tujuan pondok ASSALAM bangilan tuban,dalam melahirkan generasinya. Karena dengan guru yang ideal pula akan melahirkan generasi-generasi yang ideal pula, ideal dalam berfikir, ideal dalam bergerak dan ideal dalam bertindak.



            Amaliyah tadris adalah suatu kegiatan praktek mengajar yang dilakukan oleh siswa akhir KMI ASSALAM, agenda ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh KMI ASSALAM bangilan tuban, dengan tujuan untuk menyempurnakan pemahamanya dalam belajar mengajar. ASSALAM mewajibkan seluruh santriwan dan santriwatinya untuk menempuh praktek mengajar amaliyah tadris ini.



            Tepat pada hari rabu, 31 maret 2021 KMI ASSALAM melakukan amaliyah perdana dibawah bimbingan bapak direktur KMI ASSALAM Bangilan K.H. Yunan Jauhar. M.Pd, dan beberapa musyrif dari pihak ust diantaranya, ust. Mulyadi, S.Pd, ust. Mudzakir khoiron, S.Pd, ust. Marzuki, S.Pd, ust Sutrisno, S.Pd., dan ust Abd. Rozaq, S.Pd. amaliyah perdana ini dilaksanakan Di mushola KMI ASSALAM putri Bangialn, yang diikuti oleh seluruh santri dan santriwati kelas VI KMI. Santri yang mendapatkan amaliyah pertama yaitu selvi mengajarkan pelajaran nahwu kelas 2 KMI.



                Sedangkan dalam pelaksanaan hari selanjutnya, hanya dihadiri oleh pembimbing (musyrif) nya masing-masing bersama teman satu kelompoknya yang sudah dibagi. Setelah praktek menjagar selesai, dilanjutkan dengan drsun naqd bersama – sama , yairtu mengeritik mengevaluasi proses mengajar yang telah berlangsung untuk perkembangan mengajar, peningfkatan kualitas pendidik serta pengajaran sehingga menjadi lebihg baik, dan sebagai motivasi untuk santri lainyaa yang akan melakukan amaaliyah tadris di hari – hari berikutnya, sebagai yang disampaikan bapak pimpinan pondok ASSALAM, evaluasi ini sebagai perbaikan.


Penulis : NRA

No comments:

Post a Comment