LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN OSPA KMI ASSALAM PUTRA


        


 Dalam kegiatan kepondokan untuk mendisiplinkan santri dan membantu kegiatan harian dibantu oleh OSPA (Organisasi Santri Pondok Pesantren ASSALAM), OSPA ini bertanggungjawab juga atas kegiatan dan aktifitas harian dalam pondok ini. Dan dalam rangka melaksankan prinsip-prinsip dasar kepemimpinan dan berdisiplin yang baik perlu diberi bekal pengetahuan dan ketrampilan melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) sehingga mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik serta penuh rasa tanggungjawab.




Salah satu upaya yang tepat adalah mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Hal itu menjadi salah satu cara peningkatan mutu para anggota OSPA secara tidak langsung. Setelah dilantik pada rabu 12 Januari 2022 lalu para pengurus OSPA KMI ASSALAM diberikan latihan  dasar kepemimpinan (LDK) Dikoramil Bangilan, .Acara yang digelar selama satu Minggu  31 Januari sampai 05 februari  itu dibuka oleh Bapak Ndanramil Bangilan Kapt inf Mahmud pada hari Senin 31 Januari 2022 pagi, yang diikuti oleh pimpinnan beserta ust KMI ASSALAM serta 42 peserta LDK OSPA KMI ASSALAM PUTRA, acara berlangsung dengan hikmat sampai selesai, setelah acara pembukaan selesai dilanjut dengan Yel-yel pembuka yang dipimpin langsung oleh pak ndanramil bangilan Mahmud dan Pimpinan Pondok ASSALAM Abah Yunan Jauhar, sebagai pembukaan dan pemanasan sebelum dilakukan latihan khusus oleh pihak Koramil.




Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan para anggota OSPA sehingga mampu melaksanakan tugasnya dengan baik, Meningkatkan kedisiplinan para anggota OSPA dalam kegiatan rutinitas sehari-hari, serta Meningkatkan kemampuan anggota OSPA untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan professional, berdasarkan pancajiwa KMI ASSALAM yaitu: keikhlasan, kesederhanaan, Berdikari, ukhuwah islamiyah, Berfikiran bebas, berpengetahuan luas.



Adapun materi yang disampaikan yaitu meliputi: materi keorganisasian beberapa materi seperti keuangan, tehnik kepengurusan, kesekretariatan dan kearsipan serta penulisan proposal, kedisiplinan dalam memimpin, menumbuhkan rasa kekompakan dan kesetiakawanan, idealisme kepemimpinan, dan lain sebagainya, para pemateri terdiri tim yang membidangi dalam pelatihan dari pihak anggota koramil Bangilan serta asatidz pondok ASSALAM.





        Setelah berbagai rangkaian Kegiatan berjalan selama tepat satu minggu, pada hari Sabtu 05 Februari 2022 siang acara Resmi Ditutup melalui upacara penutupan yang dipimpin oleh Bapak Ndanramil Bangilan Kapt Inf Mahmud, beliau berpesan agar apa yang sudah diajarkan selama satu minggu dikoramil Bangilan dapat di amalkan dpondok serta dikembangkan kedepanya lagi, setelah itu acara dilanjut dengan penyerahan cindera mata dari KMI ASSALAM yang diwakili oleh ust Mulyadi, M.Pd dan diakhiri dengan penampilan PBB dari Peserta LDK OSPA KMI ASSALAM Putra, setelah acara dlanjut dengan makan bersama seluruh peserta LDK dengan Ust dan Anggota Koramil Bangilan di Aula Koramil,. Setelah Itu bersih-bersih Tempat Bersama – sama dan dilanjut kembali Kepondok ASSALAM Putra dengan jalan kaki dan dikawal Oleh pelatih dari Koramil.



Oleh : NRA

No comments:

Post a Comment