AMALIYAH TADRIS SISWA AKHIR KMI ASSALAM 2022


 




Salah satu strategi pembelajaran yang sangat penting untuk dilakukan pendidik adalah mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas, seorang pendidik yang mengajar tanpa persiapan dapat diibaratkan seperti orang yang ingin berjalan-jalan ke suatu tempat tetapi tidak mengetahui bagaimana cara untuk sampai ke tempat dan apa saja yang dibutuhkan dalam perjalanan. Tentu saja bisa sampai ke tempat yang dituju, tetapi kemungkinan waktu yang diperlukan lebih lama.




Berdasarkan hal tersebut, maka penting bagi seorang pendidik untuk mendapatkan bekal yang memadai agar dapat mengusai sejumlah kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh seorang pendidik, baik melalui pealtiahan dan bimbingan, yang sesuai dengan kitab kitab Attarbiyah Watta`lim dan kitab Tarbiyah amaliyah yang dlanjutkan dengan praktik yang disebuit dengan praktek mengajar atau Amaliyah Tadris atau istilah luarnya micro teaching.

Amaliyah tadris ini merupakan program akhir tahun untuk siswa akhir KMI ASSALAM bangilan yang rutin dilakukan sebagai syarat kelulusan, selain itu juga untuk mencetak calon guru-guru yang ideal, karena ini merupakan salah satu tujuan pondok pesantren ASSALAM,   Karena dengan guru yang ideal, akan lahir generasi yang ideal pula. Ideal dalam bertindak, ideal berpikir, dan ideal bergerak, dan Amaliyah tadris ini Wajib bagi seluruh siswa Akhir KMI ASSALAM, dan dalam pelaksanaanya diikuti oleh seluruh santri serta ust musrif amaliyah setelah itu di evaluasi bersama sebagai bahan naqd dengan musrif dan teman-teman kelas IV KMI, Siap dikritik dan siap mengkritik. kata bapak Pimpinan Pondok ASSALAM K.H. Yunan Jauhar, M.Pd.




Tepat pada hari Kamis, 07 april 2022 pembukaan amaliyah tadris KMI ASSALAM putri, yaitu saudara salma Fandes sebagai peserta amaliyah perdana, yang di amaliyah snatriwati kelas 2b pelajaran Mutholaah, amaliyah dimulai pukul 08.30 dan selesai pukul 09,08 setelah itu dilanjut dengan darsun naqd yang diikuti oleh seluruh santri akhir KMI dan seluruh musrif yang rawuh saat itu, bapak pimpinan pondok sendiri yaitu K.H. Yunan Jauhar, M.Pd, dan beberapa musrif pendamping yaitu ust. Mulyadi, M.Pd, Ust. Mudzakir, M.Pd, Ust Marzuki, S.Pd. Ust. Sutrisno.M.Pd, ust Rozaq, S.Pd, dan Ust Syafii, S.Pd. amaliyah perdana ini berjalan dengan lancer sampai akhir.



Dilanjutkan dengan pada hari sabtu, 09 April 2022 Amaliyah perdana KMI ASSALAM Putra oleh saudara Farid yaitu amaliyah Nahwu kelas 2, amaliyah dimulai pukul 08.15 dan selesai pukul 09,00 setelah itu dilanjut dengan darsun naqd yang diikuti oleh seluruh santri akhir KMI dan seluruh musrif yang rawuh, dalam darsun naqd yaitu seluruh santri dan musrif mengkritik peserta amaliyah ada kesalahan apa dan harusnya bagaiamana, kritik ini bukan untuk menjatuhkan teman akan tetapi untuk meng ishlah membenarkan agar supaya menjadi lebih baiklagi. Dengan semboyan Siap dikritik dan siap mengkritik.jadi disini diajarkan bahwa sebagai orang terpelajar selain kita siap mengkritik juga harus siap untuk dikritik, karena kebanyakan orang sekarang maunya hanya dikritik saja tidak mau menerima kritikan atau sakit hati saat dkritik.




Dan untuk pelaksanaan hari selanjutnya, hanya dihadiri oleh pembimbing (musyrif) nya masing-masing bersama teman satu kelompoknya yang sudah dibagi. Setelah praktek menjagar selesai, dilanjutkan dengan darsun naqd bersama – sama , yairtu mengeritik mengevaluasi proses mengajar yang telah berlangsung untuk perkembangan mengajar, peningfkatan kualitas pendidik serta pengajaran sehingga menjadi lebihg baik, dan sebagai motivasi untuk santri lainyaa yang akan melakukan amaaliyah tadris di hari – hari berikutnya, sebagaimana yang disampaikan bapak pimpinan pondok ASSALAM, evaluasi ini sebagai perbaikan.






Penulis.NRA

No comments:

Post a Comment