RIHLAH TARBAWIYAH IQTISODIYAH SISWA AKHIR KMI ASSALAM 2022




Selasa, 29 Maret 2022 pondok pesantren ASSALAM putra mengadakan kunjungan kerja atau rihlah ilmiah ke industri Tahu, Tempe dan kerupuk. Pemberangkatan kegiatan dari pondok putra diawali dengan doa bersama dulu di lapangan KMI ASSALAM PUTRA pada pukul 07.30 WIB. Dalnjut berangkat ke Lokasi pertama yaitu industri tahu yang berada disale rembang jawa tengah.



kunjungan industri ini diadakan agar siswa mengenal dunia kerja, Selain itu, siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata kerja, mesin-mesin industri yang memadai, siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagai rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung dan melihat urutan proses kerja industri tersebut.



Kunjungan industri di pabrik tahu dan krupuk dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja Siswa dituntut aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang dunia industri. Kunjungan industri memberikan gambaran kepada siswa tentang proses produksi di dunia kerja. Selain itu siswa juga diwajibkan membuat laporan atas informasi yang diperoleh selama kunjungan industri di pabrik tahu yang berada di sale dan pabrik krupuk yang berada di jatirogo.



Kegiatan ini bertujuan untuk Memperluas pengetahuan siswa akhir KMI dalam lingkungan dunia kerja, Membekali siswa akhir KMI agar siap terjun di masyarakat secara langsung, Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja, Mendorong siswa akhir KMI mempunyai rasa kedisiplinan dan tanggung jawab, Melihat secara langsung proses produksi Tahu & krupuk dari awal sampai akhir, Sebagai sarana belajar siswa akhir KMI.

 


Penulia NRA

 

No comments:

Post a Comment