Silatnas IKPA 2019 Dipenuhi Alumni Assalam Lintas Generasi




Senin 10 Juni 2019, KMI ASSALAM kembali menggelar acara  SILATNAS IKPA 2019 (Silaturrohmi Nasional Ikatan Keluarga PONPES ASSALAM) yang bertempat di Pondok Putri ASSALAM Bangilan-Tuban. Biasanya, acara SILATNAS IKPA diadakan setiap 5 tahun sekali. Namun tahun ini agak sedikit berbeda karena ada beberapa faktor, diantaranya yaitu terbenturnya jadwal antara reuni akbar keluarga besar para pengasuh Pondok Pesantren ASSALAM yaitu Abu Bakar Wustho dengan acara SILATNAS IKPA. Maka diputuskan bahwa acara SILATNAS IKPA kali ini diadakan setelah tiga tahun berlangsung.
reuni alumni pondok assalam bangilan tuban jaea timur 2019

Acara yang bertajuk "Merajut Kenangan Membingkai Persaudaraan" itu berhasil menggait minat banyak alumni ASSALAM untuk hadir. Menurut Ustadzah Siti Sulistiani salah satu petugas penjaga registrasi mengatakan bahwa ada sekitar 642 lebih alumni yang terdaftar hadir, mulai dari tahun 1987-2019. Sebelum acara dimulai, semua alumni diharuskan untuk melakukan regestrasi terlebih dahulu ke stand penerima tamu yang sudah disediakan sesuai dengan tahun angkatannya masing-masing. Setiap alumni diwajibkan untuk membayar 30.000, namun bagi mereka yang mau membayar lebih juga diperbolehkan.

Sekitar pukul 08.00 pagi lebih acara SILATNAS IKPA 2019 dibuka oleh ust. Rozaq selaku MC. Kemudian dilanjut dengan pembacaan tilawah oleh saudara Fuad dan tahlil bersama yang dipimpin oleh Ust. Shidiq. Setelah itu, disusul dengan sambutan dari ketua IKPA yaitu Ust. Marwan, dan sambutan dari direktur KMI ASSALAM yaitu Abah Yunan Jauhar. 

Untuk mencairkan suasana yang mulai agak memanas karena terik matahari yang mulai menyengat, Ust. Asfhin dan para team nya menyelingi acara tersebut dengan berbagai penampilan. Selepas selingan, acara pun dilanjut dengan ramah tamah yang di pandu langsung oleh Ust. Mulyadi. Di acara ramah tamah, semua alumni sungkeman dengan Bu nyai dan para  ustdz ustdzah sepuh. Laki-laki bersalaman dengan laki-laki, begitupun perempuan bersalaman  dengan sesama perempuan. Kemudian para alumni berputar bersalaman dengan para alumni lannya seperti layaknya halal bihalal sambil diiringi lantunan lagu-lagu pondok. Menepati pukul 11.00 siang yaitu sesi foto bersama para alumni perangkatan, dan juga foto  bersama dewan asatdzid dan asatidzah. setelah rangkaian acara selesai, para alumni dan tamu undangan dipersilakan menikmati hidangan yang sudah di ramu oleh pihak konsumsi.


Ust. Nur Rahman Afandi selaku ketua II acara SILATNAS IKPA 2019 mengatakan "Alhamdulillah acara reuni SILATNAS IKPA 2019 berjalan dengan lancar dan sukses. Kami selaku wakil ketua reuni sangat berterima kasih kepada para alumni yang sudah ikut serta dalam kepanitian, yang sudah rela meluangkan waktu dan mencurahkan seluruh tenaga dan fikiran demi mensukseskan acara ini. Dan Alhamdulillah, acara reuni SILATNAS IKPA 2019 tahun ini jumlah alumni yang hadir cukup banyak, mulai dari yang dulu/ kurun awal  sampai alumni yg baru lulus tahun 2019 ini." Seluruh panitia SILATNAS IKPA 2019 juga berharap semoga acara SILATNAS IKPA ini selalu istiqomah dilaksanakan agar rasa kekeluargaan dan tali silaturahim antar alumni KMI ASSALAM ini tetap tersambung dan terjaga.

Acara SILATNAS IKPA ini bertujuan unutuk menjaga silaturahim antara alumni dan pondok yang dulu pernah menjadi tempat naungan mereka menuntut ilmu sebelum mereka tamat. Selain itu, agar supaya para alumni selalu mengingat almamaternya dan juga gemblengan-gemblengan yang dulu pernah didawuhkan pada saat nyantri dimanapun mereka berada saat ini. Dan tetap ta'dzim dengan ibu kandungnya yang telah membesarkan, mendidik, dan membekali berbagai ilmu sebagai bekal untuk kehidupan kelak di masyarakat. Semoga para alumni tetap merawat ingatannya dengan kampung damai ASSALAM yang sudah banyak berjasa. Dan semoga kita para alumni juga dipertemukan kembali di acara SILATNAS IKPA selanjutnya. (Vina KN)


No comments:

Post a Comment