KEDATANGAN SANTRI BARU KMI ASSALAM BANGILAN TAHUN AJARAN 2020/2021




      Penerimaan santri baru merupakan agenda tahunan seluruh pesantren di Indonesia, karena demi terciptanya generasi penerus yang islami, cerdas dan ber akhlakul karimah. Termasuk salah satunya adalah Pondok modern KMI ASSALAM Bangilan  Tuban Ini. Alhamdulillah KMI ASSALAM Bangilan ini setiap tahunya juga bisa istiqomah membuka pendaftaran dan menerima santri baru guna untuk dididik dan diajar ilmu agama serta ilmu kehidupan yang bisa digunakan untuk masa depan para generasi penerus ini, Alhamdulillah jumlah santri yang masuk untuk berguru, menuntut ilmu dan mondok di KMI ASSALAM tahun ini meningkat dibanding jumlah seebelumnya
                  

     Pada hari Sabtu, 11 Juli 2020 para santri baru mulai berdatangangan dari beberbagai daerah yang ada di Indonesia, akan tetapi mereka calon santri baru KMI ASSALAM ini tidak bisa datang langsung secara bersamaan karena adanya wabah seperti saat ini. Dari panitia penerimaan santri baru membagi kedatangan santri baru datang ke pondok menjadi 2 gelombang, yang pertama hari sabtu 11 juli 2020 dan yang gelombang kedua pada hari ahad 12 juli 2020. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerumunan wali santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, itu khusus yang dari pulau Jawa saja. Sedangkan yang berasal dari luar Jawa seperti Kalimantan, Papua Nugini, Riau, dan lain sebagainya belum bisa datang karena adanya beberapa kendala. Diantaranya yaitu persayratan administrasi untuk melengkapi kedatangan mereka dipondok ini, serta adanya tiket pesawat yang masih belum rilis.

      Keluarga Besar KMI ASSALAM Bangilan menyambut mereka dengan sambutan hangat. Seluruh ustadz dan ustadzah ma`had berbaris dengan dengan rapi digerbang pondok untuk menyambut kedatangan santri baru yang berbondong-bondong dari berbagai daerah. Ada yang berbeda dengan penyambutan kedatangan santri baru tahun ini, yakni lebih ketat dari tahun-tahun sebelumnya karena adanya wabah ini. Jadi pihak panitia harus menyambut mereka dengan protokol kesehatan yang di anjurkan dari dinas kesehatan setempat, yaitu santri yang datang setelah sampai depan gerbang wajib mencuci tangan memakai sabun yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian setelah itu mereka masuk ke bilik penyemprotan disinfectant, kemudian baru diperbolehkan untuk masuk ke dalam gerbang pondok. 


      Adapun santri baru yang masuk ke gerbang pondok cukup di damping oleh satu wali santri saja hanya untuk sekedar mengurus administrasi dan mengisi surat perjanjian antara pondok dengan wali santri. Setelah itu santri diantarkan masuk oleh petugas yang berjaga untuk memasuki kamar masing-masing, sedangkan wali santri hanya bisa mengantarkan mereka sampai gerbang saja, dan setelah itu para wali santri pulang kmbali kerumah masing-masing setelah perpamitan dengan putra-putrinya. Selanjutnya santri baru langsung menata barang dan pakaian mereka dikamar masing-masing dengan didampingi ketua kamar. Memang mereka dalam hal ini dilatih untuk benar-benar belajar mandiri tanpa didampingi orangtua.

      Setelah itu semua mereka harus mengikuti kegiatan dan mentaati tata tertib yang berlaku di KMI ASSALAM ini, semoga semua santriwan dan santriwati KMI ASSALAM BANGILAN TUBAN ini diberi kesehatan selalu oleh Allah SWT. dan dijauhkan dari segala wabah dan penyakit yang berbahya ini. Amiin amiinn yaa Mujibassailin. (NRA)