PEMBUKAAN PEKAN PERKENALAH KHUTBATUL IFTITAH KMI ASSALAM PUTRA TAHUN PELAJARAN 2020/2021


               

Tepat pada hari rabu 15 Juli 2020 acara pekan perkenalan Khutbatul Iftitah  KMI ASSALAM putra resmi dibuka. Hal ini ditandai dengan rentetan acara yang dibuka secara simbolis oleh pimpinan Pondok ASSALAM K.H Yunan Jauhar, S.Pd.,M.Pd.I pada pagi hari ini. Khutbatul Iftitah di KMI ASSALAM Putra ini sebagai awal bahwa semua kegiatan yang ada di pondok pesantren ASSALAM siap dimulai satu minggu kedepan. 
            
           
      Khutbatul Iftitah atau atau KI ini adalah rangkaian acara tahunan KMI ASSALAM yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru. Yang mana intinya adalah agar supaya santri baru kenal terhadap pondok, lingkungan, ustadz/ustadzah, serta mengenal lebih dekat teman-temanya. Selain itu, tujuan utama acara ini adalah agar supaya santri mengetahui tujuan pondok sehingga krasan dan betah dalam menuntut ilmu kedepanya, karena seperti halnya kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu seluruh santri baru dikenalkan terhadap lingkungan dan keluarga pondok. 
               
     Sebagaimana sambutan yang disampaikan oleh abah Yunan Jauhar dalam pembukaan tadi pagi “Kenalilah Pondokmu dan menyatulah dengan pondokmu supaya anak-anakku sekalian cinta dengan pondok, cinta dengan ustadz ustadzah dan cinta dengan KMI ASSALAM Bangilan Tuban ini. Oleh karena itu perlu kalian ketahui apa pondok ASSALAM ini, siapa yang punya pondok ASSALAM ini, amanah dari siapa pondok ASSALAM ini, apa isinya, hendak kemana pondok ini, bagaimana cara hidup  di dalamnya, apa yang harus di ambil dari pondok ini dan apa yang harus dicari dalam Pondok ASSALAM ini".
    Hal ini semua perlu diketaui agar para santri tidak salah jalan, salah faham dan salah pengertian terhadap pondok ASSALAM ini. Seorang santri diibaratkan jangan menjadi seperti kera yang  makan mangis. Jangan hanya melihat ASSALAM dari luarnya dengan hanya melihat dari satu sisi saja, karena yang tau hakikat pondok adalah mereka yang pernah berkecimpung dipondok dan merasakan susah payahnya hidup antri dan lain sebagaimya di dalam pondok. Itulah yang akan menjadikan kalian santri yang militant, santri yang hebat dan besok akan menjadi penerus generasi islam yang hebat dan militant pula. 
    Berdasarkan falsafah pondok ASSALAM  yang berbunyi ASSALAM BERDIRI DIATAS SEMUA GOLONGAN para santri baru yang sudah masuk disini tidak ada bedanya antara yang kaya dan yang miskin, yang pinter dengan yang kurang pintar, yang kuat dan yang lemah, semua menyatu dan berbaur di dalam pondok pesantren ASSALAM. Yang besar jangan menang sendiri, yang kecilpun jangan dipakai untuk kalah-kalahan. Dengan menghayati panca jiwa pondok pesantren ASSALAM ; Berbudi Luhur, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas, dan berfikiran Bebas dan yang didukung dengan Ukhuwah Islamiyah semoga anak-anak baru krasan di pondok ASSALAM ini.
     Dalam pidatonya K.H Yunan Jauhar juga menuturkan "Tinggalkan Ayahmu, Tinggalkan Ibumu, Tinggalkan kampung halamnmu karena ini yang akan menjadikan anak-anakku pemimpin-pemimpin dan orang-orang yang hebat".

      Selain sambutan dari pimpinan pondok, acara Khutbatul Iftitah ini juga dimeriahkan oleh tampilan-tampilan kreasi seni santri KMI ASSALAM seperti; Barongan, Reog, Gymnastik dan juga Barongsai. Semua kreasi itu merupakan karya seni santri KMI ASSALAM putra yang sudah dipersiapkan dengan sebaik mungkin untuk menyambut kehadiran santri baru.
     

     Setelah berbagai rangkaian acara selesai, acara ditutup dengan doa oleh Ust Nur Ghozi S,H. Kemudian dilanjut sesi foto bersama seluruh ustadz dan ustadzah KMI ASSALAM.



Penulis: NRA
Editor  : VKN